Amsal 20:1
20:1 Anggur
adalah pencemooh,
minuman keras adalah peribut
1 , tidaklah bijak
orang yang terhuyung-huyung
karenanya.
Amsal 23:29-33
23:29 Siapa mengaduh? Siapa mengeluh? Siapa bertengkar? Siapa berkeluh kesah? Siapa mendapat cidera tanpa sebab? Siapa merah matanya?
23:30 Yakni mereka yang duduk dengan anggur
sampai jauh malam, mereka yang datang mengecap anggur campuran.
23:31 Jangan melihat kepada anggur
3 , kalau merah menarik warnanya, dan mengilau dalam cawan, yang mengalir masuk dengan nikmat,
23:32 tetapi kemudian memagut seperti ular
4 , dan menyemburkan bisa seperti beludak.
23:33 Lalu matamu akan melihat hal-hal yang aneh, dan hatimu mengucapkan kata-kata yang kacau.
Amsal 31:4-5
31:4 Tidaklah pantas bagi raja, hai Lemuel, tidaklah pantas bagi raja meminum anggur
5 ,
ataupun bagi para pembesar mengingini minuman keras,
31:5 jangan sampai karena minum
ia melupakan apa yang telah ditetapkan,
dan membengkokkan hak orang-orang yang tertindas.
Yesaya 5:11-12
5:11 Celakalah
mereka yang bangun pagi-pagi dan terus mencari minuman keras, dan duduk-duduk sampai malam hari, sedang badannya dihangatkan anggur!
5:12 Kecapi dan gambus, rebana
dan suling,
serta anggur terdapat dalam perjamuan-perjamuan mereka, tetapi perbuatan TUHAN tidak dipandangnya
dan pekerjaan
TUHAN tidak dilihatnya.
Yesaya 5:22-23
5:22 Celakalah mereka yang menjadi jago minum
dan juara dalam mencampur minuman
keras;
5:23 yang membenarkan orang fasik karena suap
dan yang memungkiri hak
orang benar.
Yesaya 21:5
21:5 Orang sibuk menyajikan hidangan, mengatur tempat-tempat duduk, makan, minum
...Tiba-tiba kedengaran: "Hai para panglima! Siaplah tempur, minyakilah perisai!
"
Yeremia 51:39
51:39 jika mereka merasa panas, Aku akan menyediakan perjamuan bagi mereka, akan membuat mereka mabuk,
supaya mereka menjadi pusing dan jatuh tertidur untuk selama-lamanya,
tidak akan bangun-bangun lagi, demikianlah firman TUHAN.
Daniel 5:1-4
Tulisan di dinding
5:1 Raja Belsyazar
mengadakan perjamuan
yang besar
6 untuk para pembesarnya,
seribu orang jumlahnya; dan di hadapan seribu orang itu ia minum-minum anggur.
5:2 Dalam kemabukan
anggur, Belsyazar menitahkan orang membawa perkakas
dari emas dan perak yang telah diambil oleh Nebukadnezar, ayahnya
7 , dari dalam Bait Suci di Yerusalem, supaya raja dan para pembesarnya, para isteri dan para gundik
mereka minum dari perkakas
itu.
5:3 Kemudian dibawalah perkakas dari emas dan perak itu, yang diambil dari dalam Bait Suci
8 , Rumah Allah di Yerusalem, lalu raja dan para pembesarnya, para isteri dan para gundik mereka minum dari perkakas itu;
5:4 mereka minum anggur dan memuji-muji dewa-dewa
dari emas dan perak, tembaga, besi, kayu dan batu.
Daniel 5:23
5:23 Tuanku meninggikan diri terhadap
Yang Berkuasa di sorga: perkakas dari Bait-Nya dibawa orang kepada tuanku, lalu tuanku serta para pembesar tuanku, para isteri
dan para gundik tuanku telah minum anggur dari perkakas itu; tuanku telah memuji-muji dewa-dewa dari perak dan emas, dari tembaga, besi, kayu dan batu, yang tidak dapat melihat atau mendengar atau mengetahui,
dan tidak tuanku muliakan Allah, yang menggenggam nafas
tuanku dan menentukan segala jalan
tuanku.
Nahum 1:9-10
Firman TUHAN kepada Yehuda dan Niniwe
1:9 Apakah maksudmu
menentang TUHAN
9 ? Ia akan menghabisi sama sekali; kesengsaraan tidak akan timbul dua kali!
1:10 Sebab merekapun akan lenyap seperti duri
yang berjalin-jalin,
dimakan habis seperti jerami kering.
1 Full Life: ANGGUR ADALAH PENCEMOOH, MINUMAN KERAS ADALAH PERIBUT.
Nas : Ams 20:1
Ayat ini melukiskan sifat dan potensi buruk dari minuman yang
difermentasi. Perhatikan bahwa minuman yang memabukkan itu sendiri dikutuk
bersama dengan dampak-dampaknya.
- 1) Anggur sebagai "pencemooh" sering kali membawa kepada sikap menghina
hal yang baik (bd. Ams 9:7-8; 13:1; 14:6; 15:12). Minuman yang
mengandung alkohol sebagai "peribut" sering kali mendatangkan kerusuhan,
permusuhan, dan pertengkaran di dalam keluarga dan masyarakat.
- 2) Anggur dan minuman yang memabukkan disebut pencemooh dan peribut,
tidak perduli berapa banyak yang diminum.
- 3) "Orang yang terhuyung-huyung karenanya" (versi Inggris NIV -- orang
yang disesatkan) sehingga berpikir bahwa minuman memabukkan itu dapat
diterima, baik, sehat, atau aman apabila diminum sekadar saja,
mengabaikan peringatan yang jelas di Alkitab (Ams 23:29-35).
- 4) Larangan atas minuman memabukkan ini tidak berarti bahwa Alkitab
mengutuk pemakaian segala bentuk anggur. _Yayin_, kata Ibrani yang umum
bagi "anggur" dalam PL, sering kali mengacu kepada sari buah anggur yang
tidak difermentasi; Alkitab tidak melarang penggunaan sari anggur yang
tidak difermentasi ini
(lihat cat. --> Ams 23:29-35;
[atau ref. Ams 23:29-35]
lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN LAMA).
2 Full Life: ANGGUR CAMPURAN.
Nas : Ams 23:29-35
Ayat-ayat ini berisi perintah pertama yang jelas di dalam
pengembangan penyataan Allah yang dengan nyata melarang semua umat-Nya
menginginkan dan meminum anggur yang difermentasi
(lihat cat. --> Ams 23:31 berikutnya).
[atau ref. Ams 23:31]
Di sini Allah mengajar mengenai minuman beralkohol dan pengaruhnya yang
merusak (untuk pembahasan yang lebih lengkap mengenai hal ini,
lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN LAMA).
3 Full Life: JANGAN MELIHAT KEPADA ANGGUR.
Nas : Ams 23:31
Ayat ini memperingatkan akan bahaya anggur (Ibr. _yayin_) ketika
sudah dalam tahap fermentasi; jadi, yayin yang dibicarakan dalam perikop
ini harus dibedakan dari yayin yang tidak difermentasi (lih. Yes 16:10;
lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN LAMA).
Fermentasi adalah proses di mana unsur gula dalam sari anggur berubah
menjadi alkohol dan karbon dioksida.
- 1) Kata "melihat" (Ibr. _ra'ah_) adalah kata umum yang artinya
"memandang, memperhatikan" (bd. Kej 27:1); ra'ah dapat digunakan
dengan arti "memilih", yang memberikan kesan bahwa anggur yang
difermentasi tidak boleh dipandang dengan keinginan. Allah memerintahkan
umat-Nya untuk bahkan tidak memikirkan tentang meminum anggur yang
difermentasi; tidak ada peluang untuk minum dalam jumlah sedikit
sekalipun.
- 2) Kata sifat "merah" (Ibr. _'adem_) artinya "kemerah-merahan, merah
jambu". Menurut Lexicon Gesenius kata ini mengacu kepada "kilauan"
anggur di dalam cawan, yaitu hasil fermentasi.
4 Full Life: KEMUDIAN MEMAGUT SEPERTI ULAR.
Nas : Ams 23:32
Allah memerintahkan umat-Nya untuk tidak melihat kepada anggur
ketika sudah merah karena anggur yang difermentasi membinasakan seorang
bagaikan ular dan meracuninya seperti ular tedung. Dampak alkohol itu kejam
dan merusak; termasuk mata yang merah, pandangan yang kabur, pikiran yang
kacau, dan ucapan yang menantang dan memperdayakan (ayat Ams 23:29,33).
Meminum alkohol berarti membuka kehidupan seseorang kepada kemabukan (ayat
Ams 23:34), bencana, kesusahan, kekerasan, persengketaan, kerusakan
jasmaniah (ayat Ams 23:29,35), dan kecanduan (ayat Ams 23:35;
lihat cat. --> Ams 23:35 berikutnya; dan
lihat cat. --> Rom 14:21).
[atau ref. Ams 23:35; Rom 14:21]
5 Full Life: TIDAKLAH PANTAS BAGI RAJA MEMINUM ANGGUR.
Nas : Ams 31:4-5
Allah memiliki standar yang tinggi sekali bagi para raja dan
pemimpin umat-Nya, khususnya mengenai minum anggur yang difermentasi dan
minuman memabukkan.
- 1) Bahasa Ibraninya secara harfiah mengatakan, "Janganlah ada yang
minum." Ayat ini sama sekali tidak memberi peluang untuk minum secara
terbatas
(lihat cat. --> Ams 20:1;
lihat cat. --> Ams 23:29-35;
[atau ref. Ams 20:1; 23:29-35]
lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN LAMA).
- 2) Alasan raja dan pemimpin tidak boleh minum minuman memabukkan ialah
bahwa mereka mungkin akan melupakan apa yang ditetapkan hukum; minuman
semacam itu akan melemahkan moral mereka dan menyebabkan mereka tidak
menaati hukum Allah dan memutarbalikkan keadilan. Ayat ini membuat para
rabi Yahudi menetapkan bahwa seorang hakim yang minum renuth (yaitu,
segelas anggur) "tidak diizinkan duduk dalam sidang pengadilan, atau di
sekolah, atau dalam keadaan yang serupa tidak diizinkan untuk mengajar"
(Koplowitz, Midrush, yayin, hal.30).
- 3) Prinsip yang sama di dalam PL diterapkan pada para imam dan suku
Lewi yang melayani di hadapan Allah untuk umat Israel (Im 10:8-11;
lihat cat. --> Im 10:9).
[atau ref. Im 10:9]
- 4) Semua orang percaya PB dianggap sebagai raja dan imam yang
memerintah kerajaan rohani Allah (1Pet 2:9). Oleh karena itu,
standar Allah bagi raja dan imam mengenai minuman yang memabukkan juga
berlaku kepada kita (lih. Bil 6:1-3;
lihat cat. --> Ef 5:18;
lihat cat. --> 1Tim 3:3).
[atau ref. Ef 5:18; 1Tim 3:3]
6 Full Life: BELSYAZAR MENGADAKAN PERJAMUAN YANG BESAR.
Nas : Dan 5:1
Pemerintahan Nebukadnezar yang cemerlang berlangsung selama 44
tahun; setelah dia wafat, kemuliaan Babel mulai memudar. Sekalipun kerajaan
itu masih bertahan selama 22 tahun lagi, berbagai pemberontakan dan
pembunuhan melemahkannya. Raja Babel terakhir ialah Nabonidus dan putra
sulungnya Belsyazar. Mereka memerintah kerajaan itu bersama-sama.
7 Full Life: NEBUKADNEZAR, AYAHNYA.
Nas : Dan 5:2
"Ayah" dipakai di sini dalam pengertian yang umum yaitu leluhur atau
pendahulu, bukan orang-tua.
8 Full Life: PERKAKAS DARI EMAS ... YANG DIAMBIL DARI DALAM BAIT SUCI.
Nas : Dan 5:3
Dengan minum dari cawan-cawan suci Tuhan untuk menghormati dewa-dewa
kafir Babel, Belsyazar dan para bangsawannya menghina Allah yang esa dan
benar sehingga mendatangkan hukuman terakhir atas diri mereka (ayat
Dan 5:22-24).
9 Full Life: MENENTANG TUHAN.
Nas : Nah 1:9
Orang Asyur sedang memikirkan cara-cara untuk membinasakan Yerusalem
dan Yehuda, tetapi Allah tidak akan mengizinkan rencana mereka terlaksana.